Kesehatan merupakan hak dasar setiap warga Negara yang sangat berharga. Kesehatan juga menjadi salah satu kunci utama dalam mengukur IPM (Indek Pembangunan Manusia) disamping pendidikan dan pendapatan perkapita. Upaya pembangunan kesehatan yang ingin diwujudkan adalah pembangunan kesehatan yang berkontribusi positif terhadap pencapaian masyarakat sehat dan produktif.

Dalam upaya mempertahankan status kesehatan masyarakat akibat dampak krisis multidemensional, Pemerintah Provinsi Bali memberikan pelayanan kesehatan gratis yang disebut dengan program JKBM (Jaminan Kesehatan Bali Mandara).

JKBM adalah jaminan kesehatan untuk masyarakat Bali, berupa program pelayanan kesehatan gratis yang bersifat komprehensif sesuai dengan indikasi medis, kecuali beberapa hal yang dibatasi atau tidak dijamin. JKBM dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten/ kota di Provinsi Bali  per 1 JANUARI 2010 kecuali Kabupaten jembrana.

Beberapa hal diatur dalam program JKBM meliputi :

A. KEPESERTAAN

1.Seluruh penduduk bali yang  belum memiliki Jaminan kesehatan (seperti Askes, Jamsostek, Jamkesmas, dll), kecuali Kabupaten Jembrana.

2. Identitas kepesertaan

Sebelum punya kartu JKBM, bisa memakai Surat keterangan   dari Perbekel/Lurah setempat, KTP Bali.

B. PELAYANAN KESEHATAN

1PUSKESMAS DAN JARINGANNYA

a, Rawat  Jalan  Tingkat  Pertama (Puskesmas dan jaringannya) baik dalam maupun luar gedung meliputi pelayanan:

1).Konsultasi medis,pemeriksaan fisik dan Promosi Kesehatan

2). Laboratorium sederhana

3).Tindakan medis kecil

4). Pemeriksaan dan pengobatan gigi, termasuk cabut/tambal

5). Pemeriksaan Ibu hamil, Nifas/menyusui, bayi dan balita

6), Pelayanan KB dan penanganan efek samping

7). Pemberian obat.

Pages: 1 2 3 4 5