I. DASAR HUKUM :

Peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor : 34 Tahun 2005 dan Nomor : 1138/MENKES/PB/VIII/2005 tentang PENYELENGGARAAN KABUPATEN/KOTA SEHAT.

II. PENGERTIAN :

1. Kabupaten/Kota Sehat adalah suatu kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintregasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

2. Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat adalah berbagai kegiatan untuk mewujudkan Kabupaten/Kota Sehat melalui pemberdayaan masyarakat, melalyui forum yang difasilitasi oleh pemerintah kabupaten/kota.

3. Forum adalah wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya dan berpartisipasi.

a. Di Kabupaten/Kota disebut Forum Kabupaten/Kota Sehat atau nama lain yang disepakati masyarakat.

Forum Kabupaten/Kota Sehat berperan turut menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan wilayahnya yang mengintregasikan berbagai aspek sehingga dapat mewujudkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni oleh warganya.

b. Di Kecamatan disebut Forum Komonikasi Desa/Kelurahan Sehat (FKD/KS) atau nama lain yang disepakati masyarakat.

FKD/KS mempunyai peran mengkoordinasikan, mengintegrasikan, mensinkronkan dan mensimplikasikan prioritas, perencanaan antara desa/kelurahan satu dengan desa/kelurahan lainnya di wilayah kecamatan, yang dilakukan oleh masing-masing Pokja Desa/Kelurahan Sehat.

c. Kelompok Kerja (Pokja) atau nama lain yang disepakati masyarakat adalah wadah bagi masyarakat di pedesaan/kelurahan atau yang bergerak di bidang ekonomi, social dan budaya, dan kesehatan untuk menyalurkan aspirasinya dan berpartisipasi dalam kegiatan yang disepakati mereka.

III. TUJUAN :

1. Tujuan Umum :

Tercapainya kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat untuk bekerja dan berkarya bagi warganya dengan terlaksananya berbagai program pembangunan berwawasan kesehatan, sehingga dapat maningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakat sebagai bagian dari upaya pencapaian Indonesia Sehat 2010.

Pages: 1 2 3