Apakah yang dimaksud JAMKESMAS ?
JAMKESMAS adalah kepanjangan dari Jaminan Kesehatan Masyarakat. Jamkesmas berdiri dengan tujuan untuk membantu masyarakat miskin dan tidak mampu untuk memdapatkan haknya dalam pelayanan kesehatan. Program ini merupakan program dari Pemerintah Pusat yang diselenggarakan oleh Departemen kesehatan melalui penugasan kepasa PT ASKES.

Siapa saja yang berhak mendapatkan JAMKESMAS ?
Seluruh warga Negara Indonesia yang berdomisili di luar propinsi daerah Ibukota DKI Jakarta dan memenuhi kriteria miskin atau kurang mampu berhak mendapatkan JAMKESMAS.

Bagaimana cara mengajukan permohonan JAMKESMAS ?

- Meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT dan RW Setempat.
- Membawa surat SKTM ke kelurahan dan kecamatan Setempat untuk dilegalisir.
- Membawa surat yang telah dilegalisir ke Puskesmas setempat, puskesmas kemudian akan melakukan verifikasi atas permohonan tersebut dengan melakukan survey kerumah pemohon. Apabila disetujui, Puskesmas yang akan menerbitkan kartu jamkesmas.

Apa bedanya Gakin dan JAMKESMAS ?
Kedua program sama – sama merupakan program pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin atau kurang mampu. Yang membedakan adalah bahwa Gakin merupakan program yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah, dalam hal ini Pemda DKI Jakarta, sedangkan Jamkesmas adalah program dari Pemerintah Pusat.