Cara Barcode Wifi Realme: Mudah Dan Praktis Untuk Menghubungkan Ke Jaringan Wifi

Teknologi terus berkembang pesat, termasuk dalam hal menghubungkan perangkat ke jaringan WiFi. Dulu, kita harus memasukkan nama jaringan WiFi (SSID) dan kata sandi secara manual untuk bisa terhubung ke internet. Namun, sekarang dengan adanya fitur Barcode WiFi, proses ini menjadi lebih mudah dan praktis.

Jika Anda pengguna smartphone dan ingin tahu cara menggunakan Barcode WiFi, Anda berada di tempat yang tepat. Pada artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk menghubungkan perangkat Anda ke jaringan WiFi menggunakan Barcode WiFi. Mari kita mulai!

Apa Itu Barcode WiFi?

Sebelum kita mempelajari cara menggunakan Barcode WiFi, penting untuk memahami apa itu Barcode WiFi. Barcode WiFi adalah gambar berkode yang berisi informasi tentang jaringan WiFi, seperti nama jaringan (SSID) dan kata sandi.

Baris kode yang ada dalam Barcode WiFi dapat di-scan oleh kamera smartphone Anda untuk menghubungkan perangkat ke jaringan WiFi tanpa harus memasukkan nama jaringan dan kata sandi secara manual. Ini sangat berguna ketika Anda ingin terhubung ke jaringan WiFi di tempat umum, seperti kafe atau restoran, di mana informasi jaringan sering kali tersedia dalam bentuk Barcode WiFi.

Cara Membuat Barcode WiFi di Realme

Sebelum Anda dapat menggunakan Barcode WiFi untuk menghubungkan perangkat Anda ke jaringan WiFi, Anda perlu membuat Barcode WiFi terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Pertama, buka aplikasi “Pengaturan” di perangkat Anda. Anda dapat menemukan ikon Pengaturan biasanya di layar utama atau di laci aplikasi. Ketuk ikon Pengaturan untuk membuka menu Pengaturan.

Langkah 2: Pilih “Wi-Fi & Jaringan”

Langkah 3: Pilih “Wi-Fi”

Langkah 4: Pilih Jaringan WiFi yang Ingin Anda Bagikan

Sekarang, Anda akan melihat daftar jaringan WiFi yang tersedia di sekitar Anda. Pilih jaringan WiFi yang ingin Anda bagikan sebagai Barcode WiFi.

Langkah 5: Tekan dan Tahan Nama Jaringan WiFi

Setelah Anda memilih jaringan WiFi yang ingin Anda bagikan, tekan dan tahan nama jaringan WiFi tersebut. Setelah beberapa detik, Anda akan melihat opsi tambahan yang muncul di layar.

Langkah 6: Pilih “Bagikan Kode QR”

Dalam opsi tambahan yang muncul setelah menekan dan menahan nama jaringan WiFi, pilih opsi “Bagikan Kode QR”.

Langkah 7: Simpan atau Bagikan Barcode WiFi

Setelah Anda memilih opsi “Bagikan Kode QR”, Anda akan melihat Barcode WiFi yang dihasilkan. Anda dapat menyimpan Barcode WiFi ini ke galeri perangkat Anda atau membagikannya langsung melalui aplikasi pesan atau media sosial.

Cara Menghubungkan Perangkat Realme ke Jaringan WiFi dengan Barcode WiFi

Sekarang setelah Anda telah membuat Barcode WiFi, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menghubungkan perangkat Anda ke jaringan WiFi tanpa harus memasukkan nama jaringan dan kata sandi. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

Langkah 1: Buka Aplikasi Kamera

Pertama, buka aplikasi kamera di perangkat Anda. Anda dapat menemukan aplikasi kamera biasanya di layar utama atau di laci aplikasi. Ketuk ikon aplikasi kamera untuk membuka aplikasi.

Langkah 2: Pindai Barcode WiFi

Setelah Anda membuka aplikasi kamera, arahkan kamera ke Barcode WiFi yang ingin Anda pindai. Pastikan gambar Barcode WiFi terlihat jelas di layar kamera.

Langkah 3: Tunggu Hingga Perangkat Terhubung

Setelah Anda mengarahkan kamera ke Barcode WiFi, perangkat Anda akan secara otomatis membaca informasi jaringan dari Barcode WiFi. Anda akan melihat notifikasi bahwa perangkat Anda terhubung ke jaringan WiFi yang sesuai dengan Barcode WiFi yang Anda pindai.

FAQ (Pertanyaan Umum) tentang Barcode WiFi di Realme

1. Apakah semua smartphone Realme mendukung fitur Barcode WiFi?

Tidak semua smartphone mendukung fitur Barcode WiFi. Fitur ini biasanya tersedia di smartphone dengan versi sistem operasi ColorOS terbaru. Pastikan perangkat Anda memiliki versi ColorOS yang mendukung fitur ini sebelum mencoba menggunakannya.

2. Apakah Barcode WiFi hanya bisa digunakan untuk menghubungkan ke jaringan WiFi publik?

Tidak, Anda juga dapat menggunakan Barcode WiFi untuk menghubungkan perangkat Anda ke jaringan WiFi pribadi. Anda hanya perlu membuat Barcode WiFi dari jaringan WiFi pribadi Anda dan memindai Barcode WiFi tersebut di perangkat Anda.

3. Apakah Barcode WiFi aman digunakan?

Ya, Barcode WiFi aman digunakan. Barcode WiFi hanya berisi informasi tentang jaringan WiFi, seperti nama jaringan dan kata sandi. Informasi ini tidak dapat disalahgunakan kecuali orang yang memindai Barcode WiFi memiliki akses fisik ke perangkat Anda.

4. Apakah Barcode WiFi hanya bisa digunakan di smartphone Realme?

Barcode WiFi bukanlah fitur eksklusif untuk smartphone . Fitur ini juga tersedia di beberapa smartphone Android lainnya. Namun, tampilan dan langkah-langkahnya mungkin sedikit berbeda tergantung pada merek dan model smartphone yang Anda gunakan.

5. Apakah Barcode WiFi hanya bisa digunakan untuk menghubungkan ke jaringan WiFi?

Tidak, Barcode WiFi juga dapat digunakan untuk berbagi informasi jaringan WiFi dengan orang lain. Misalnya, jika Anda ingin membagikan informasi jaringan WiFi dengan teman atau keluarga Anda, Anda dapat membuat Barcode WiFi dari jaringan WiFi Anda dan membagikannya kepada mereka. Mereka dapat memindai Barcode WiFi tersebut untuk terhubung ke jaringan WiFi Anda.

Kesimpulan

Barcode WiFi adalah fitur yang sangat berguna untuk menghubungkan perangkat Anda ke jaringan WiFi dengan mudah dan praktis. Dengan membuat Barcode WiFi dari jaringan WiFi yang ingin Anda bagikan, Anda dapat menghindari masalah memasukkan nama jaringan dan kata sandi secara manual setiap kali Anda ingin terhubung ke jaringan WiFi baru.

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk membuat Barcode WiFi di perangkat Anda, serta cara menggunakan Barcode WiFi untuk menghubungkan perangkat Anda ke jaringan WiFi. Kami juga menjawab beberapa pertanyaan umum tentang fitur ini.

Sekarang Anda siap untuk menggunakan fitur Barcode WiFi di perangkat Anda. Jadi, saat Anda berada di kafe atau tempat umum lainnya yang menyediakan Barcode WiFi, Anda dapat dengan mudah terhubung ke jaringan WiFi hanya dengan memindai Barcode WiFi yang tersedia. Selamat mencoba!

diskesklungkung
diskesklungkung

Saya adalah penulis lulusan Universitas terkenal di Indonesia, Sebagai Co-Founder sekaligus Content Specialist di Diskesklungkung yang memiliki passion menulis artikel seputar HP, Laptop, dan Game.

Articles: 789

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *