Cara Belah Layar Oppo: Berbagai Metode Yang Mudah Dan Praktis

Apakah Anda pengguna smartphone yang ingin tahu bagaimana cara belah layar ? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan menjelaskan berbagai metode yang mudah dan praktis untuk membagi layar Anda menjadi dua bagian. Belah layar dapat memungkinkan Anda untuk melakukan multitasking dengan lebih efisien, misalnya membuka dua aplikasi sekaligus atau menonton video sambil menjawab pesan teks. Mari kita lihat beberapa metode yang bisa Anda coba!

Metode 1: Menggunakan Fitur Belah Layar Bawaan Oppo

telah menyediakan fitur belah layar bawaan di sebagian besar model smartphone mereka. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membagi layar menjadi dua bagian, sehingga Anda dapat menggunakan dua aplikasi secara bersamaan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Aplikasi yang Ingin Anda Bagi di Layar Oppo

Pertama, buka aplikasi yang ingin Anda bagi di layar Anda. Misalnya, jika Anda ingin menonton video YouTube sambil menjawab pesan teks, buka aplikasi YouTube.

Langkah 2: Geser Jari dari Tepi Kiri atau Kanan Layar

Setelah membuka aplikasi yang ingin Anda bagi di layar , geser jari Anda dari tepi kiri atau kanan layar ke tengah untuk memunculkan panel layar belah .

Langkah 3: Pilih Aplikasi yang Ingin Anda Tampilkan di Layar Kedua

Pada panel layar belah , Anda akan melihat daftar aplikasi yang kompatibel dengan fitur belah layar. Pilih aplikasi yang ingin Anda tampilkan di layar kedua. Misalnya, jika Anda ingin menjawab pesan teks, pilih aplikasi pesan teks Anda.

Langkah 4: Sesuaikan Ukuran Layar

Sesuaikan ukuran layar bagi kedua aplikasi yang ditampilkan. Anda dapat menyesuaikan ukuran dengan menggeser garis batas di antara kedua aplikasi.

Dengan menggunakan fitur belah layar bawaan , Anda dapat dengan mudah membagi layar menjadi dua bagian dan menggunakan dua aplikasi secara bersamaan. Fitur ini sangat berguna saat Anda ingin melakukan multitasking yang efisien.

Metode 2: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika smartphone Anda tidak memiliki fitur belah layar bawaan, Anda masih dapat membagi layar menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada berbagai aplikasi yang tersedia di Play Store yang memungkinkan Anda untuk melakukan hal ini. Salah satu aplikasi populer adalah Split Screen, yang dapat Anda unduh dan instal secara gratis. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Unduh dan Instal Aplikasi Split Screen

Pertama, unduh dan instal aplikasi Split Screen dari Play Store. Setelah selesai diinstal, buka aplikasi tersebut.

Langkah 2: Buka Aplikasi yang Ingin Anda Bagi di Layar Oppo

Buka aplikasi yang ingin Anda bagi di layar Anda, seperti yang dijelaskan dalam metode sebelumnya.

Langkah 3: Buka Aplikasi Split Screen

Setelah membuka aplikasi yang ingin Anda bagi di layar , buka juga aplikasi Split Screen yang telah Anda unduh dan instal.

Langkah 4: Pilih Aplikasi yang Ingin Anda Tampilkan di Layar Kedua

Pada aplikasi Split Screen, Anda akan melihat daftar aplikasi yang kompatibel dengan fitur belah layar. Pilih aplikasi yang ingin Anda tampilkan di layar kedua.

Langkah 5: Sesuaikan Ukuran Layar

Sesuaikan ukuran layar bagi kedua aplikasi yang ditampilkan. Anda dapat menyesuaikan ukuran dengan menggeser garis batas di antara kedua aplikasi.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Split Screen, Anda dapat membagi layar Anda menjadi dua bagian dan menggunakan dua aplikasi secara bersamaan, meskipun smartphone Anda tidak memiliki fitur belah layar bawaan.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apakah semua model Oppo memiliki fitur belah layar bawaan?

Tidak, tidak semua model memiliki fitur belah layar bawaan. Fitur ini biasanya tersedia di model-model yang lebih baru dan lebih canggih. Namun, Anda masih dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membagi layar di model yang tidak memiliki fitur ini.

2. Apakah fitur belah layar Oppo mempengaruhi kinerja smartphone?

Tidak, fitur belah layar tidak mempengaruhi kinerja smartphone secara signifikan. Namun, jika Anda menggunakan dua aplikasi secara bersamaan, mungkin ada sedikit penurunan kinerja karena smartphone harus membagi sumber daya antara kedua aplikasi.

3. Apakah saya dapat mengubah ukuran layar bagi kedua aplikasi yang ditampilkan?

Ya, baik fitur belah layar bawaan maupun aplikasi pihak ketiga memungkinkan Anda untuk mengubah ukuran layar bagi kedua aplikasi yang ditampilkan. Anda dapat menyesuaikan ukuran dengan menggeser garis batas di antara kedua aplikasi.

4. Apakah saya dapat menggunakan lebih dari dua aplikasi dalam satu layar?

Tidak, baik fitur belah layar bawaan maupun aplikasi pihak ketiga hanya memungkinkan Anda untuk menggunakan dua aplikasi dalam satu layar. Jika Anda ingin menggunakan lebih dari dua aplikasi secara bersamaan, Anda mungkin perlu mencari aplikasi lain yang menyediakan fitur tersebut.

5. Apakah saya dapat membagi layar Oppo menjadi dua bagian dengan rasio yang berbeda?

Tidak, baik fitur belah layar bawaan maupun aplikasi pihak ketiga hanya memungkinkan Anda untuk membagi layar menjadi dua bagian dengan rasio yang sama. Anda tidak dapat mengubah rasio bagi kedua aplikasi yang ditampilkan.

Kesimpulan

Memiliki fitur belah layar di smartphone dapat sangat berguna saat Anda ingin melakukan multitasking dengan lebih efisien. Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan dua metode yang mudah dan praktis untuk membagi layar menjadi dua bagian. Anda dapat menggunakan fitur belah layar bawaan di model-model yang mendukung, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga jika smartphone Anda tidak memiliki fitur ini. Baik fitur belah layar bawaan maupun aplikasi pihak ketiga memungkinkan Anda untuk menggunakan dua aplikasi secara bersamaan dalam satu layar. Jadi, coba metode yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan nikmati pengalaman multitasking yang lebih efisien dengan layar Anda!

diskesklungkung
diskesklungkung

Saya adalah penulis lulusan Universitas terkenal di Indonesia, Sebagai Co-Founder sekaligus Content Specialist di Diskesklungkung yang memiliki passion menulis artikel seputar HP, Laptop, dan Game.

Articles: 789

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *