Cara Layar Split Xiaomi 4A: Nikmati Multitasking Lebih Efektif

Saat ini, smartphone telah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi banyak orang. Selain untuk berkomunikasi, smartphone juga digunakan untuk menjalankan berbagai tugas sehari-hari, seperti menjawab email, mengedit foto, menonton video, dan masih banyak lagi. Dalam kegiatan sehari-hari tersebut, seringkali kita perlu melakukan multitasking, yaitu menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Salah satu fitur yang sangat berguna untuk melakukan multitasking adalah layar split. Dengan layar split, Anda dapat membuka dua aplikasi secara bersamaan dan menjalankannya dalam jendela yang terpisah. Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan dua tugas sekaligus tanpa harus beralih antara aplikasi yang satu dengan yang lain.

Apa Itu Layar Split?

Layar split adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membagi layar smartphone menjadi dua bagian, sehingga mereka dapat menjalankan dua aplikasi secara bersamaan. Misalnya, Anda dapat membuka aplikasi YouTube di satu bagian layar dan membuka aplikasi WhatsApp di bagian lainnya. Dengan cara ini, Anda dapat menonton video dan mengirim pesan secara bersamaan tanpa harus keluar dari aplikasi yang satu untuk membuka aplikasi yang lain.

Fitur layar split sangat berguna dalam berbagai situasi. Misalnya, Anda dapat menggunakan layar split saat sedang membaca artikel di browser dan ingin mencatat beberapa poin penting di aplikasi catatan. Atau saat sedang menonton video dan ingin menjawab pesan WhatsApp tanpa harus menghentikan video yang sedang diputar.

Cara Mengaktifkan Layar Split di Xiaomi 4A

Untuk mengaktifkan layar split di 4A, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Aplikasi Pemilih

Pertama-tama, buka aplikasi pemilih di 4A Anda. Aplikasi pemilih adalah tempat di mana Anda dapat melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di smartphone Anda. Biasanya, ikon aplikasi pemilih terletak di layar beranda atau di dok aplikasi di bagian bawah layar.

Langkah 2: Buka Aplikasi yang Ingin Anda Gunakan di Layar Split

Setelah membuka aplikasi pemilih, cari aplikasi yang ingin Anda gunakan di layar split. Misalnya, jika Anda ingin membuka YouTube, cari ikon aplikasi YouTube dan ketuk untuk membukanya.

Langkah 3: Buat Jendela Layar Split

Setelah membuka aplikasi yang ingin Anda gunakan di layar split, tahan tombol Recent Apps (tombol persegi di sebelah kanan tombol Home) selama beberapa detik. Setelah itu, layar akan membagi menjadi dua bagian, dengan aplikasi yang sedang Anda gunakan muncul di bagian atas layar.

Langkah 4: Pilih Aplikasi Lain untuk Digunakan di Layar Split

Setelah membuat jendela layar split, Anda dapat memilih aplikasi lain untuk digunakan di bagian bawah layar. Misalnya, jika Anda ingin membuka WhatsApp, buka aplikasi pemilih lagi dan cari ikon aplikasi WhatsApp. Ketuk ikon aplikasi tersebut untuk membukanya di bagian bawah layar.

Langkah 5: Sesuaikan Ukuran Jendela Aplikasi

Jika Anda merasa jendela aplikasi terlalu besar atau terlalu kecil, Anda dapat menyesuaikan ukurannya dengan menggeser garis pembatas antara kedua jendela aplikasi. Geser garis pembatas ke atas atau ke bawah untuk mengubah ukuran jendela aplikasi.

Langkah 6: Menggunakan Aplikasi di Layar Split

Sekarang, Anda dapat menggunakan kedua aplikasi di layar split. Misalnya, Anda dapat menonton video di YouTube di bagian atas layar dan mengirim pesan di WhatsApp di bagian bawah layar. Anda juga dapat menggulir atau memperbesar/memperkecil jendela aplikasi dengan menggunakan gerakan tangan.

Pertanyaan Umum tentang Layar Split di Xiaomi 4A

1. Apakah semua aplikasi di Xiaomi 4A dapat digunakan di layar split?

Tidak semua aplikasi di 4A dapat digunakan di layar split. Beberapa aplikasi mungkin tidak kompatibel dengan fitur ini dan tidak akan muncul di daftar aplikasi yang dapat digunakan di layar split. Namun, sebagian besar aplikasi populer seperti YouTube, WhatsApp, dan Chrome dapat digunakan di layar split.

2. Bisakah saya mengubah posisi jendela aplikasi di layar split?

Ya, Anda dapat mengubah posisi jendela aplikasi di layar split. Anda dapat memindahkan jendela aplikasi ke bagian atas atau bagian bawah layar dengan menggeser garis pembatas antara kedua jendela aplikasi.

3. Bisakah saya mengganti ukuran jendela aplikasi di layar split?

Ya, Anda dapat mengganti ukuran jendela aplikasi di layar split. Anda dapat menggeser garis pembatas antara kedua jendela aplikasi untuk mengubah ukuran jendela. Geser garis pembatas ke atas atau ke bawah untuk memperbesar atau memperkecil jendela aplikasi.

4. Bisakah saya menutup satu jendela aplikasi di layar split?

Ya, Anda dapat menutup satu jendela aplikasi di layar split. Untuk menutup jendela aplikasi, cukup ketuk ikon “X” di pojok kanan atas jendela aplikasi tersebut.

5. Apakah saya dapat menggunakan lebih dari dua aplikasi di layar split?

Tidak, Anda hanya dapat menggunakan dua aplikasi di layar split pada 4A. Fitur ini dirancang untuk memungkinkan pengguna menjalankan dua aplikasi secara bersamaan tanpa harus beralih antara aplikasi yang satu dengan yang lain. Jika Anda ingin menggunakan lebih dari dua aplikasi secara bersamaan, Anda dapat menggunakan fitur Floating Windows yang juga tersedia di 4A.

Kesimpulan

Layar split adalah fitur yang sangat berguna bagi pengguna 4A yang ingin melakukan multitasking dengan lebih efektif. Dengan layar split, Anda dapat membuka dua aplikasi secara bersamaan dan menjalankannya dalam jendela yang terpisah. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan dua tugas sekaligus tanpa harus beralih antara aplikasi yang satu dengan yang lain.

Untuk mengaktifkan layar split di 4A, Anda perlu membuka aplikasi pemilih, membuka aplikasi yang ingin Anda gunakan di layar split, membuat jendela layar split, memilih aplikasi lain untuk digunakan di layar split, menyesuaikan ukuran jendela aplikasi, dan menggunakan aplikasi di layar split. Anda juga dapat mengubah posisi jendela aplikasi, mengganti ukuran jendela aplikasi, dan menutup satu jendela aplikasi di layar split.

Fitur layar split dapat membantu Anda meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam menjalankan berbagai tugas sehari-hari. Dengan menggunakan layar split, Anda dapat menonton video dan mengirim pesan secara bersamaan, membaca artikel dan mencatat poin penting, atau melakukan tugas-tugas lainnya dengan lebih mudah dan efektif.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba fitur layar split di 4A Anda dan nikmati pengalaman multitasking yang lebih efektif!

diskesklungkung
diskesklungkung

Saya adalah penulis lulusan Universitas terkenal di Indonesia, Sebagai Co-Founder sekaligus Content Specialist di Diskesklungkung yang memiliki passion menulis artikel seputar HP, Laptop, dan Game.

Articles: 789

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *