Cara Melihat Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang Xiaomi

Apakah Anda pernah merasa bahwa ponsel Anda terasa lambat atau baterainya cepat habis? Salah satu penyebab utama masalah ini adalah aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi-aplikasi ini dapat menghabiskan sumber daya ponsel Anda tanpa Anda sadari. Namun, jangan khawatir, karena dalam artikel ini saya akan memandu Anda tentang cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang pada perangkat Anda. Mari kita mulai!

Mengapa Aplikasi Berjalan di Latar Belakang?

Sebelum kita membahas cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang, penting untuk memahami mengapa aplikasi ini berjalan di latar belakang. Ada beberapa alasan mengapa aplikasi bisa berjalan di latar belakang:

1. Notifikasi: Beberapa aplikasi perlu berjalan di latar belakang untuk mengirimkan notifikasi ke ponsel Anda.

2. Sinkronisasi Data: Aplikasi seperti email, kalender, dan media sosial perlu berjalan di latar belakang untuk mengupdate data secara real-time.

3. Pembaruan Aplikasi: Beberapa aplikasi perlu berjalan di latar belakang untuk memeriksa dan mengunduh pembaruan.

4. Fitur Khusus: Beberapa aplikasi perlu berjalan di latar belakang untuk menyediakan fitur-fitur khusus, seperti pelacakan aktivitas dan pemantauan tidur.

Langkah-langkah untuk Melihat Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Sekarang, saya akan memandu Anda melalui langkah-langkah untuk melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang pada perangkat Anda:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Pertama, buka aplikasi Pengaturan pada perangkat Anda. Anda dapat menemukan ikon Pengaturan di layar utama atau di laci aplikasi.

Langkah 2: Pilih Aplikasi & Pengelolaan Aplikasi

Langkah 3: Pilih Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Langkah 4: Lihat Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Sekarang Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang berjalan di latar belakang pada perangkat Anda. Anda dapat memeriksa aplikasi-aplikasi ini dan memutuskan apakah Anda ingin memblokir atau menghentikan aplikasi tersebut dari berjalan di latar belakang. Untuk melakukannya, cukup ketuk aplikasi yang ingin Anda ubah pengaturannya.

Langkah 5: Ubah Pengaturan Aplikasi

Setelah Anda memilih aplikasi, Anda akan dibawa ke Halaman Info Aplikasi. Di sini, Anda akan melihat beberapa opsi, termasuk “Berjalan di Latar Belakang”. Ketuk opsi ini untuk mengubah pengaturannya.

Pada beberapa perangkat , Anda juga dapat menemukan opsi “Kunci Aplikasi” yang memungkinkan Anda mengunci aplikasi agar tidak berjalan di latar belakang sama sekali.

Langkah 6: Blokir atau Hentikan Aplikasi

Setelah Anda masuk ke pengaturan “Berjalan di Latar Belakang”, Anda akan melihat beberapa opsi, seperti “Berikan Izin”, “Berjalan di Latar Belakang”, dan “Tampilkan di Awal”. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan opsi ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang sepenuhnya, cukup matikan opsi “Berjalan di Latar Belakang”. Namun, jika Anda hanya ingin membatasi aplikasi berjalan di latar belakang saat Anda menggunakan aplikasi lain, Anda dapat mengaktifkan opsi “Berikan Izin”, yang akan membatasi akses aplikasi ke sumber daya ponsel Anda.

FAQ

1. Apakah semua aplikasi harus berjalan di latar belakang?

Tidak, tidak semua aplikasi harus berjalan di latar belakang. Beberapa aplikasi mungkin memerlukan izin untuk berjalan di latar belakang, seperti aplikasi perpesanan yang perlu menerima notifikasi atau aplikasi musik yang perlu memutar musik secara terus-menerus. Namun, ada juga banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang tanpa alasan yang jelas, dan ini dapat menghabiskan sumber daya ponsel Anda.

2. Mengapa aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat mempengaruhi kinerja ponsel?

Aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat menghabiskan sumber daya ponsel, seperti CPU, RAM, dan baterai. Ketika terlalu banyak aplikasi berjalan di latar belakang, ponsel Anda dapat menjadi lambat atau baterainya cepat habis. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa dan mengatur aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk memastikan kinerja ponsel yang optimal.

3. Apakah saya bisa menghentikan semua aplikasi berjalan di latar belakang?

Tidak disarankan untuk menghentikan semua aplikasi berjalan di latar belakang. Beberapa aplikasi mungkin membutuhkan izin untuk berjalan di latar belakang agar dapat berfungsi dengan baik. Namun, Anda dapat memilih aplikasi-aplikasi yang tidak perlu berjalan di latar belakang dan menghentikannya agar menghemat sumber daya ponsel Anda.

4. Apakah menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang akan menghapus data atau notifikasi dari aplikasi tersebut?

Menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang tidak akan menghapus data atau notifikasi dari aplikasi tersebut. Data dan notifikasi akan tetap ada, tetapi aplikasi tidak akan berjalan secara aktif di latar belakang.

5. Apakah setiap perangkat Xiaomi memiliki opsi untuk melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang?

Ya, setiap perangkat memiliki opsi untuk melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang. Namun, antarmuka dan lokasi opsi ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada versi MIUI yang digunakan oleh perangkat Anda.

6. Apakah saya perlu memeriksa aplikasi yang berjalan di latar belakang secara teratur?

Ya, disarankan untuk memeriksa aplikasi yang berjalan di latar belakang secara teratur untuk memastikan ponsel Anda berjalan dengan optimal. Anda dapat mengatur pengaturan aplikasi sesuai dengan kebutuhan Anda dan menghentikan aplikasi yang tidak perlu berjalan di latar belakang.

7. Mengapa aplikasi yang berjalan di latar belakang tidak muncul dalam daftar aplikasi terbuka?

Aplikasi yang berjalan di latar belakang tidak akan muncul dalam daftar aplikasi terbuka karena mereka tidak aktif di layar. Namun

diskesklungkung
diskesklungkung

Saya adalah penulis lulusan Universitas terkenal di Indonesia, Sebagai Co-Founder sekaligus Content Specialist di Diskesklungkung yang memiliki passion menulis artikel seputar HP, Laptop, dan Game.

Articles: 789

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *