Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Xiaomi Yang Terhapus

Apakah Anda pernah mengalami kejadian di mana aplikasi bawaan yang ada di smartphone Anda tiba-tiba hilang? Jika ya, jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Banyak pengguna yang mengalami masalah ini, dan terkadang sulit untuk mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus.

Tetapi, jangan panik! Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus. Kami akan menjelaskan langkah-langkahnya secara detail dan memberikan tips tambahan untuk memastikan Anda berhasil mengembalikan aplikasi yang hilang. Jadi, simak terus artikel ini!

Mengapa Aplikasi Bawaan Xiaomi Bisa Terhapus?

Sebelum kita membahas tentang cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus, penting untuk memahami mengapa hal ini bisa terjadi. Ada beberapa alasan mengapa aplikasi bawaan bisa hilang, antara lain:

1. Penghapusan Tidak Sengaja

Seringkali, pengguna secara tidak sengaja menghapus aplikasi bawaan saat membersihkan smartphone mereka atau mengelola aplikasi yang terinstal. Ini bisa terjadi jika Anda tidak berhati-hati saat menekan tombol “Hapus” atau “Uninstall”.

2. Pembaruan Sistem

Terkadang, saat melakukan pembaruan sistem , beberapa aplikasi bawaan bisa terhapus. Hal ini terjadi karena pembaruan sistem dapat mengganti aplikasi bawaan dengan versi yang lebih baru atau menghapus aplikasi yang dianggap tidak perlu oleh .

3. Pemulihan Pabrik

Jika Anda melakukan pemulihan pabrik pada smartphone Anda, semua pengaturan dan data akan dihapus, termasuk aplikasi bawaan. Jadi, jika Anda pernah melakukan pemulihan pabrik, itulah alasan mengapa aplikasi bawaan hilang.

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Xiaomi yang Terhapus

Sekarang, mari kita bahas langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus:

1. Cek di Aplikasi Pengaturan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa apakah aplikasi yang hilang masih tersedia di aplikasi Pengaturan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan di smartphone Anda.
  2. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Aplikasi” atau “Manajemen Aplikasi”.
  3. Ketuk opsi tersebut untuk membuka daftar semua aplikasi yang terinstal di smartphone Anda.
  4. Cari aplikasi yang hilang dalam daftar tersebut.
  5. Jika Anda menemukannya, ketuk aplikasi tersebut dan pilih opsi “Aktifkan” atau “Buka”.

Jika langkah-langkah di atas berhasil, maka aplikasi bawaan yang hilang akan muncul kembali di layar utama smartphone Anda. Tetapi, jika Anda tidak menemukan aplikasi yang hilang di aplikasi Pengaturan, lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Gunakan Aplikasi Pemulihan Aplikasi Bawaan

Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi yang hilang di aplikasi Pengaturan, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan aplikasi bawaan seperti “AppInstaller” atau “System App Remover”. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Play Store di smartphone Anda.
  2. Cari dan unduh aplikasi pemulihan aplikasi bawaan yang Anda pilih.
  3. Buka aplikasi pemulihan aplikasi bawaan yang telah diunduh.
  4. Di dalam aplikasi, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di smartphone Anda.
  5. Cari aplikasi yang hilang dalam daftar tersebut.
  6. Ketuk aplikasi tersebut dan pilih opsi “Instal ulang” atau “Kembalikan aplikasi”.

Jika langkah-langkah di atas berhasil, aplikasi bawaan yang hilang akan diinstal ulang atau dikembalikan ke smartphone Anda. Tetapi, jika Anda masih tidak dapat mengembalikan aplikasi yang hilang, lanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Unduh Ulang Aplikasi Bawaan dari Mi App Store

Jika Anda tidak dapat mengembalikan aplikasi bawaan yang hilang dengan menggunakan aplikasi pemulihan aplikasi bawaan, Anda dapat mencoba mengunduh ulang aplikasi tersebut dari Mi App Store. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Mi App Store di smartphone Anda.
  2. Cari aplikasi yang hilang dengan mengetikkan namanya di kotak pencarian.
  3. Jika aplikasi tersebut tersedia di Mi App Store, ketuk aplikasi tersebut dan pilih opsi “Unduh” atau “Pasang”.

Setelah aplikasi bawaan yang hilang berhasil diunduh ulang, aplikasi tersebut akan muncul kembali di layar utama smartphone Anda. Tetapi, jika Anda masih tidak dapat mengunduh aplikasi yang hilang, lanjutkan ke langkah terakhir.

4. Kembalikan ke Pengaturan Pabrik

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, langkah terakhir yang dapat Anda coba adalah mengembalikan smartphone Anda ke pengaturan pabrik. Namun, perlu diingat bahwa langkah ini akan menghapus semua data dan pengaturan yang ada di smartphone Anda, jadi pastikan untuk melakukan cadangan data terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan di smartphone Anda.
  2. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Pengaturan Tambahan” atau “Tentang Telepon”.
  3. Di dalam opsi tersebut, Anda akan menemukan opsi “Setel Ulang ke Pengaturan Pabrik”.
  4. Ketuk opsi tersebut dan ikuti petunjuk untuk mengembalikan smartphone Anda ke pengaturan pabrik.

Setelah smartphone Anda selesai mengembalikan ke pengaturan pabrik, ikuti langkah-langkah awal saat Anda mengatur smartphone untuk pertama kali. Setelah selesai, aplikasi bawaan yang hilang akan muncul kembali di layar utama smartphone Anda.

Tips Tambahan untuk Mengembalikan Aplikasi Bawaan Xiaomi yang Terhapus

Selain langkah-langkah di atas, berikut adalah beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus:

1. Perbarui Sistem

Secara teratur periksa pembaruan sistem yang tersedia untuk smartphone Anda. Pembaruan sistem seringkali menyertakan perbaikan untuk masalah aplikasi bawaan yang hilang. Jadi, dengan memperbarui sistem, Anda mungkin dapat mengembalikan aplikasi yang hilang.

2. Pindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Jika memungkinkan, pindahkan aplikasi bawaan yang masih tersedia ke kartu SD. Dengan cara ini, jika aplikasi tersebut hilang, Anda dapat memindahkannya kembali dari kartu SD ke memori internal smartphone Anda.

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika semua upaya untuk mengembalikan aplikasi bawaan yang hilang tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “ Tools” atau “Mi PC Suite”. Aplikasi ini dapat membantu Anda mengelola aplikasi bawaan dan mengembalikan aplikasi yang hilang.

4. Hubungi Layanan Pelanggan Xiaomi

diskesklungkung
diskesklungkung

Saya adalah penulis lulusan Universitas terkenal di Indonesia, Sebagai Co-Founder sekaligus Content Specialist di Diskesklungkung yang memiliki passion menulis artikel seputar HP, Laptop, dan Game.

Articles: 789

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *