Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Hp Xiaomi

Apakah Anda pernah mengalami kejadian di mana Anda secara tidak sengaja menghapus file penting di HP Anda? Jika iya, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus di HP Anda. Di artikel ini, kami akan membahas beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini. Mari kita mulai!

1. Menggunakan Aplikasi Recycle Bin

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengembalikan file yang terhapus di HP Anda adalah dengan menggunakan aplikasi Recycle Bin. Aplikasi ini bekerja seperti tempat sampah di komputer Anda. Setiap kali Anda menghapus file, file tersebut akan dipindahkan ke Recycle Bin, dan Anda dapat mengembalikannya jika diperlukan.

Untuk menggunakan aplikasi Recycle Bin, Anda perlu mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu dari Play Store. Setelah itu, buka aplikasi dan cari file yang ingin Anda kembalikan. Ketuk file tersebut dan pilih opsi “Restore” untuk mengembalikannya ke lokasi aslinya.

2. Menggunakan Fitur Backup and Restore

Fitur Backup and Restore pada HP dapat membantu Anda mengembalikan file yang terhapus. Fitur ini akan secara otomatis mencadangkan data Anda, termasuk file yang terhapus, ke penyimpanan cloud . Jadi, jika Anda pernah menghapus file penting, Anda dapat dengan mudah mengembalikannya menggunakan fitur ini.

Untuk menggunakan fitur Backup and Restore, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1:

Buka Pengaturan di HP Anda.

Langkah 2:

Gulir ke bawah dan cari opsi “Backup and Restore”.

Langkah 3:

Di halaman Backup and Restore, aktifkan opsi “Backup to Mi Cloud”.

Langkah 4:

Pilih file yang ingin Anda kembalikan dari daftar file yang tersedia.

Langkah 5:

Ketuk opsi “Restore” untuk mengembalikan file ke lokasi aslinya.

3. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika metode di atas tidak berhasil mengembalikan file yang terhapus di HP Anda, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga. Aplikasi ini berfungsi untuk memindai perangkat Anda dan mencari file yang terhapus. Setelah itu, Anda dapat memilih file yang ingin Anda kembalikan dan mengembalikannya ke lokasi aslinya.

Beberapa aplikasi pemulihan data yang populer untuk HP adalah DiskDigger, Dr.Fone, dan EaseUS MobiSaver. Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari Play Store dan mengikuti petunjuk yang diberikan untuk mengembalikan file yang terhapus.

4. Menggunakan PC atau Laptop

Jika Anda tidak berhasil mengembalikan file yang terhapus menggunakan metode di atas, Anda dapat mencoba menggunakan PC atau laptop. Langkah-langkah berikut akan membantu Anda mengembalikan file yang terhapus menggunakan PC atau laptop:

Langkah 1:

Sambungkan HP Anda ke PC atau laptop menggunakan kabel USB.

Langkah 2:

Buka File Explorer di PC atau laptop Anda.

Langkah 3:

Pilih perangkat Anda dari daftar perangkat yang terhubung.

Langkah 4:

Cari folder yang berisi file yang ingin Anda kembalikan.

Langkah 5:

Pilih file yang ingin Anda kembalikan dan salin ke lokasi yang diinginkan di PC atau laptop Anda.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apakah semua file yang terhapus dapat dikembalikan?

Tidak semua file yang terhapus dapat dikembalikan. Jika file tersebut telah dihapus secara permanen atau terjadi kerusakan fisik pada perangkat Anda, kemungkinan besar file tersebut tidak dapat dikembalikan.

2. Apakah aplikasi Recycle Bin dapat mengembalikan file yang terhapus secara permanen?

Tidak, aplikasi Recycle Bin hanya dapat mengembalikan file yang masih ada di penyimpanan perangkat Anda. Jika file tersebut telah dihapus secara permanen, aplikasi Recycle Bin tidak akan dapat mengembalikannya.

3. Apa yang harus saya lakukan jika file yang ingin saya kembalikan tidak ada di fitur Backup and Restore?

Jika file yang ingin Anda kembalikan tidak ada di fitur Backup and Restore, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga atau mencoba metode lain seperti menggunakan PC atau laptop.

4. Apakah menggunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga aman?

Penggunaan aplikasi pemulihan data pihak ketiga memiliki risiko keamanan. Pastikan Anda mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menginstalnya.

5. Apakah menggunakan PC atau laptop sulit untuk mengembalikan file yang terhapus?

Tidak, menggunakan PC atau laptop untuk mengembalikan file yang terhapus relatif mudah. Anda hanya perlu menghubungkan perangkat Anda ke PC atau laptop dan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas.

6. Apakah proses mengembalikan file yang terhapus akan menghapus file lainnya di HP Xiaomi saya?

Tidak, proses mengembalikan file yang terhapus tidak akan menghapus file lainnya di HP Anda. Namun, penting untuk selalu melakukan cadangan data secara teratur untuk menghindari kehilangan data yang tidak dapat dikembalikan.

7. Apakah fitur Backup and Restore dapat mengembalikan file yang telah lama terhapus?

Fitur Backup and Restore hanya dapat mengembalikan file yang telah dicadangkan sebelumnya. Jika file tersebut telah terhapus sebelum Anda mengaktifkan fitur ini, kemungkinan besar file tersebut tidak dapat dikembalikan.

8. Apakah saya dapat mengembalikan file yang terhapus di HP Xiaomi tanpa menggunakan aplikasi atau PC?

Ya, Anda dapat mencoba menggunakan fitur “Undo” yang disediakan oleh beberapa aplikasi seperti Microsoft Office atau Google Docs untuk mengembalikan file yang terhapus di HP Anda tanpa menggunakan aplikasi atau PC.

Kesimpulan

Menghapus file penting di HP Anda dapat menjadi momen yang menakutkan. Namun, dengan metode yang telah kami jelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah mengembalikan file yang terhapus. Jika metode yang pertama kali Anda coba tidak berhasil, jangan putus asa! Cobalah metode lainnya atau gunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga. Penting untuk diingat bahwa melakukan cadangan data secara teratur adalah cara terbaik untuk menghindari kehilangan data yang tidak dapat dikembalikan. Selamat mencoba!

diskesklungkung
diskesklungkung

Saya adalah penulis lulusan Universitas terkenal di Indonesia, Sebagai Co-Founder sekaligus Content Specialist di Diskesklungkung yang memiliki passion menulis artikel seputar HP, Laptop, dan Game.

Articles: 789

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *