Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Permanen Di Hp Xiaomi

Selamat datang di artikel ini! Jika Anda pengguna HP dan pernah menghapus foto secara tidak sengaja, jangan panik. Kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP Anda. Kami akan memandu Anda melalui beberapa metode yang mudah dan efektif untuk mengatasi masalah ini. Jadi, mari kita mulai!

Menggunakan Aplikasi Galeri

Metode pertama yang akan kita bahas adalah menggunakan aplikasi Galeri bawaan di HP Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Aplikasi Galeri

Pertama, buka aplikasi Galeri di HP Anda. Anda dapat menemukan ikon aplikasi ini di layar utama atau dalam folder aplikasi.

Langkah 2: Klik Menu Tiga Titik

Setelah membuka aplikasi Galeri, klik menu tiga titik di bagian kanan atas layar. Ini akan membuka menu opsi lainnya.

Langkah 3: Pilih “Album Terhapus”

Dalam menu opsi, pilih opsi “Album Terhapus”. Ini akan membuka semua album yang telah dihapus.

Langkah 4: Pilih Foto yang Akan Dikembalikan

Pilih album yang berisi foto yang ingin Anda pulihkan. Kemudian, pilih foto yang ingin Anda kembalikan. Anda dapat memilih beberapa foto sekaligus.

Langkah 5: Klik Tombol Pulihkan

Setelah memilih foto yang ingin Anda kembalikan, klik tombol “Pulihkan” di bagian bawah layar. Foto-foto tersebut akan dikembalikan ke album aslinya.

Metode ini biasanya berhasil mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP . Namun, jika metode ini tidak berhasil, cobalah metode berikutnya.

Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika foto-foto Anda tidak muncul di album terhapus di aplikasi Galeri, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga untuk mengembalikan foto-foto tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Unduh dan Instal Aplikasi Pemulihan Data

Pertama, unduh dan instal aplikasi pemulihan data dari toko aplikasi resmi, seperti Play Store atau Mi App Store. Beberapa aplikasi pemulihan data yang populer adalah DiskDigger, EaseUS MobiSaver, dan Dr.Fone.

Langkah 2: Buka Aplikasi Pemulihan Data

Setelah menginstal aplikasi pemulihan data, buka aplikasi tersebut di HP Anda.

Langkah 3: Pilih Tipe File yang Akan Dikembalikan

Di dalam aplikasi pemulihan data, Anda akan diminta untuk memilih tipe file yang ingin Anda kembalikan. Pilih “Foto” atau “Gambar” untuk mengembalikan foto yang terhapus.

Langkah 4: Lakukan Pemindaian

Setelah memilih tipe file, lakukan pemindaian di aplikasi pemulihan data. Aplikasi ini akan mencari foto-foto yang terhapus di dalam penyimpanan internal atau kartu SD HP Anda.

Langkah 5: Pilih Foto yang Akan Dikembalikan

Setelah pemindaian selesai, aplikasi pemulihan data akan menampilkan daftar foto yang dapat dikembalikan. Pilih foto yang ingin Anda pulihkan dan klik tombol “Pulihkan” atau “Kembalikan”.

Dengan menggunakan aplikasi pemulihan data, Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk mengembalikan foto-foto yang terhapus permanen di HP Anda. Namun, jika metode ini juga tidak berhasil, ada metode lain yang dapat Anda coba.

Menggunakan Layanan Cloud atau Pembaharuan Sistem

Jika kedua metode sebelumnya tidak berhasil, ada dua metode lain yang bisa Anda coba. Pertama, periksa apakah Anda memiliki cadangan foto di layanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, atau Mi Cloud. Jika Anda telah mengaktifkan sinkronisasi foto di aplikasi Galeri atau pengaturan HP Anda, foto-foto yang terhapus mungkin masih ada di layanan cloud tersebut. Coba buka aplikasi cloud Anda dan periksa apakah foto-foto tersebut ada di sana.

Metode kedua adalah dengan memperbarui sistem operasi HP Anda. Terkadang, masalah dengan aplikasi Galeri atau sistem operasi dapat menyebabkan foto-foto terhapus secara permanen. Dengan memperbarui sistem operasi, Anda dapat memperbaiki masalah ini dan memulihkan foto-foto yang hilang. Caranya adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Pertama, buka aplikasi Pengaturan di HP Anda. Anda dapat menemukan ikon aplikasi ini di layar utama atau dalam folder aplikasi.

Langkah 2: Pilih “Tentang Ponsel”

Dalam aplikasi Pengaturan, gulir ke bawah dan pilih opsi “Tentang Ponsel”.

Langkah 3: Pilih “Pembaruan Sistem”

Di halaman “Tentang Ponsel”, pilih opsi “Pembaruan Sistem”.

Langkah 4: Perbarui Sistem

HP Anda akan memeriksa apakah ada pembaruan sistem yang tersedia. Jika ada, ikuti petunjuk di layar untuk mengunduh dan memasang pembaruan tersebut.

Setelah memperbarui sistem operasi, periksa kembali aplikasi Galeri di HP Anda. Foto-foto yang terhapus mungkin telah dikembalikan. Jika tidak, ada satu metode terakhir yang dapat Anda coba.

Menggunakan Perangkat Lunak Pemulihan Data

Jika semua metode sebelumnya gagal mengembalikan foto-foto yang terhapus permanen di HP Anda, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pemulihan data pihak ketiga. Perangkat lunak ini dirancang khusus untuk mengembalikan data yang hilang atau terhapus di perangkat Android. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Unduh dan Instal Perangkat Lunak Pemulihan Data

Pertama, unduh dan instal perangkat lunak pemulihan data pihak ketiga dari situs web atau toko aplikasi resmi. Beberapa perangkat lunak pemulihan data yang populer adalah Recuva, Wondershare Recoverit, dan FonePaw Android Data Recovery.

Langkah 2: Sambungkan HP Xiaomi ke Komputer

Setelah menginstal perangkat lunak pemulihan data, sambungkan HP Anda ke komputer menggunakan kabel USB. Pastikan Anda telah mengaktifkan opsi pengembang dan pengaturan pemecahan masalah USB di pengaturan HP Anda.

Langkah 3: Buka Perangkat Lunak Pemulihan Data

Setelah menghubungkan HP ke komputer, buka perangkat lunak pemulihan data yang telah Anda instal. Perangkat lunak ini akan mendeteksi HP Anda dan menampilkan antarmuka pengguna yang intuitif.

Langkah 4: Pilih Tipe File yang Akan Dikembalikan

Di dalam perangkat lunak pemulihan data, Anda akan diminta untuk memilih tipe file yang ingin Anda kembalikan. Pilih “Foto” atau “Gambar” untuk mengembalikan foto yang terhapus.

Langkah 5: Lakukan Pemindaian

Setelah memilih tipe file, lakukan pemindaian di perangkat lunak pemulihan data. Perangkat lunak ini akan memindai penyimpanan internal HP Anda untuk mencari foto-foto yang terhapus.

Langkah 6: Pilih Foto yang Akan

diskesklungkung
diskesklungkung

Saya adalah penulis lulusan Universitas terkenal di Indonesia, Sebagai Co-Founder sekaligus Content Specialist di Diskesklungkung yang memiliki passion menulis artikel seputar HP, Laptop, dan Game.

Articles: 789

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *