Cara Screenshot Hp Samsung A20S: Mudah Dan Praktis!

Apakah Anda sedang mencari cara untuk mengambil screenshot di HP A20s Anda? Screenshot merupakan fitur yang sangat berguna untuk berbagai keperluan, seperti menyimpan gambar, berbagi informasi, atau menunjukkan pesan kepada orang lain. Jangan khawatir, dalam artikel ini saya akan membahas secara lengkap dan jelas cara melakukan screenshot di HP A20s. Yuk, simak selengkapnya!

Kenapa Screenshot Penting?

Screenshot merupakan cara yang efektif untuk menyimpan gambar atau informasi yang ada di layar HP Anda. Misalnya, jika Anda menemukan gambar menarik di aplikasi media sosial dan ingin menyimpannya, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshotnya. Selain itu, screenshot juga berguna untuk berbagai keperluan lainnya, seperti:

  • Memotret chat atau pesan penting yang ingin Anda simpan
  • Mengabadikan skor game yang tinggi dan ingin membagikannya ke teman-teman
  • Menyimpan tampilan layar sebagai referensi atau bukti
  • Menyimpan informasi penting yang muncul sebentar di layar

Dengan begitu banyak kegunaan, tidak heran jika screenshot menjadi fitur yang sangat penting di HP Anda. Mari kita lanjutkan ke cara melakukan screenshot di HP A20s!

Langkah-langkah Melakukan Screenshot di HP Samsung A20s

Untuk mengambil screenshot di HP A20s, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Metode 1: Menggunakan Tombol Power dan Volume Down

Metode pertama yang dapat Anda gunakan adalah dengan mengombinasikan tombol Power dan Volume Down. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pastikan tampilan yang ingin Anda screenshot sudah siap
  2. Tekan dan tahan tombol Power dan tombol Volume Down secara bersamaan
  3. Tahan kedua tombol tersebut selama beberapa detik, hingga layar berkedip atau terdengar suara penangkapan layar
  4. Screenshot berhasil diambil dan akan disimpan di folder Screenshots di galeri HP Anda

Dengan metode ini, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot di HP A20s Anda. Namun, ada metode lain yang juga bisa Anda gunakan, yaitu menggunakan fitur Palm Swipe.

Metode 2: Menggunakan Fitur Palm Swipe

Metode kedua yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan fitur Palm Swipe. Fitur ini memungkinkan Anda mengambil screenshot hanya dengan menggeserkan telapak tangan di atas layar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan (Settings) di HP A20s Anda
  2. Cari dan pilih menu Gerakan dan Gestur (Motions and Gestures)
  3. Aktifkan fitur Palm Swipe dengan menggeser tombol toggle ke posisi ON
  4. Pastikan tampilan yang ingin Anda screenshot sudah siap
  5. Geserkan telapak tangan Anda dari sisi kanan ke sisi kiri atau sebaliknya di atas layar HP Anda
  6. Layar akan berkedip atau terdengar suara penangkapan layar, menandakan bahwa screenshot berhasil diambil
  7. Screenshot akan disimpan di folder Screenshots di galeri HP Anda

Itulah dua metode yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot di HP A20s. Sangat mudah, bukan? Namun, jika Anda masih memiliki pertanyaan, berikut ini beberapa FAQ yang mungkin bisa membantu Anda.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah semua HP Samsung memiliki fitur screenshot?

Ya, hampir semua HP memiliki fitur screenshot. Namun, cara mengambil screenshot dapat berbeda-beda tergantung pada model dan versi sistem operasi HP Anda.

2. Apakah saya bisa mengambil screenshot hanya sebagian dari layar?

Tentu saja! Di HP A20s, Anda dapat menggunakan metode pengambilan screenshot yang disebut “Screenshot Bagan”. Dengan metode ini, Anda dapat memilih area yang ingin diambil screenshot-nya.

3. Di mana saya bisa menemukan screenshot yang telah saya ambil?

Screenshot yang telah Anda ambil akan disimpan di folder Screenshots di galeri HP Anda. Anda dapat membuka galeri HP Anda dan mencari folder Screenshots untuk melihat screenshot-screenshot tersebut.

4. Apakah ada aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot?

Ya, ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot di HP A20s. Beberapa contoh aplikasi tersebut adalah Screenshot Easy, Screen Capture, dan Screenshot Touch. Anda dapat mencarinya di Play Store dan memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Apakah fitur Palm Swipe hanya bisa digunakan untuk mengambil screenshot?

Tidak hanya screenshot, fitur Palm Swipe juga dapat digunakan untuk melakukan beberapa fungsi lain di HP A20s, seperti membuka aplikasi Camera atau membuka menu Multitasking. Anda dapat mengatur fungsi apa yang ingin dilakukan ketika menggunakan fitur Palm Swipe di pengaturan HP Anda.

6. Apakah ada cara lain untuk mengambil screenshot di HP Samsung A20s?

Selain menggunakan tombol Power dan Volume Down serta fitur Palm Swipe, Anda juga dapat menggunakan fitur S Pen jika HP A20s Anda dilengkapi dengan S Pen. Namun, cara penggunaannya dapat sedikit berbeda dengan metode-metode sebelumnya.

7. Bagaimana jika tombol Power atau Volume Down HP saya rusak?

Jika salah satu atau kedua tombol tersebut rusak, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot. Aplikasi tersebut biasanya memungkinkan Anda mengambil screenshot hanya dengan menggoyangkan HP atau mengklik ikon di layar.

8. Apakah metode pengambilan screenshot di HP Samsung A20s sama dengan HP Samsung lainnya?

Tidak selalu sama, metode pengambilan screenshot dapat berbeda-beda tergantung pada model dan versi sistem operasi HP Anda. Pastikan Anda mencari informasi yang sesuai dengan model HP Anda agar bisa mengambil screenshot dengan benar.

Kesimpulan

Mengambil screenshot di HP A20s sangatlah mudah dan praktis. Anda dapat menggunakan metode kombinasi tombol Power dan Volume Down, atau menggunakan fitur Palm Swipe yang ada di pengaturan HP Anda. Selain itu, ada juga metode pengambilan screenshot lainnya, seperti menggunakan S Pen atau aplikasi pihak ketiga. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Apakah ada pertanyaan lain seputar cara screenshot di HP A20s? Jangan ragu untuk mengajukannya pada kolom komentar di bawah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

diskesklungkung
diskesklungkung

Saya adalah penulis lulusan Universitas terkenal di Indonesia, Sebagai Co-Founder sekaligus Content Specialist di Diskesklungkung yang memiliki passion menulis artikel seputar HP, Laptop, dan Game.

Articles: 789

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *