Cara Screenshot Samsung M20: Langkah Mudah Untuk Mengambil Tangkapan Layar Di Ponsel Anda

Jika Anda pengguna M20 yang ingin mengambil tangkapan layar (screenshot) dari tampilan layar ponsel Anda, Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara melakukan screenshot pada M20 dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Mari kita mulai!

Mengapa Anda Perlu Mengetahui Cara Screenshot Samsung M20?

Screenshot adalah fitur yang sangat berguna pada ponsel cerdas seperti M20. Dengan mengambil tangkapan layar, Anda dapat dengan mudah berbagi tampilan layar ponsel Anda kepada orang lain, seperti mengirimkan pesan teks, memposting di media sosial, atau mengirimkannya melalui email. Selain itu, screenshot juga dapat digunakan untuk tujuan lain, seperti menyimpan informasi penting atau menangkap momen-momen spesial yang terjadi di layar ponsel Anda.

Langkah Mudah untuk Mengambil Screenshot di Samsung M20

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk mengambil screenshot di M20:

Langkah 1: Temukan Tombol yang Tepat

Pertama-tama, Anda perlu menemukan tombol yang tepat yang akan digunakan untuk mengambil screenshot. Pada M20, tombol yang perlu Anda tekan adalah tombol power dan tombol penurunan volume secara bersamaan. Tombol power biasanya terletak di sisi kanan ponsel, sedangkan tombol volume terletak di sisi sebelah kiri.

Langkah 2: Tekan Tombol Power dan Tombol Penurunan Volume

Selanjutnya, Anda perlu menekan tombol power dan tombol penurunan volume secara bersamaan. Pastikan Anda menekan kedua tombol ini dalam waktu yang bersamaan dan tahan selama beberapa detik.

Langkah 3: Lihat Hasilnya

Jika Anda berhasil menekan kedua tombol dengan benar, Anda akan melihat efek animasi pada layar ponsel Anda. Ini menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Selanjutnya, Anda dapat melihat screenshot yang diambil dengan membuka galeri foto ponsel Anda.

Contoh Penggunaan Screenshot di Kehidupan Nyata

Screenshot adalah fitur yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan screenshot di kehidupan nyata:

Contoh 1: Berbagi Informasi

Anda mungkin pernah menemukan artikel menarik atau informasi penting di internet yang ingin Anda bagikan dengan teman atau keluarga. Dengan menggunakan screenshot, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar dari artikel atau informasi tersebut dan membagikannya kepada mereka melalui pesan teks, media sosial, atau email.

Contoh 2: Menyimpan Informasi Penting

Terkadang, Anda mungkin menemukan informasi penting seperti nomor telepon, alamat, atau instruksi penting di layar ponsel Anda. Dengan melakukan screenshot, Anda dapat menyimpan informasi tersebut untuk digunakan di kemudian hari. Hal ini sangat berguna ketika Anda tidak memiliki waktu untuk menyalin informasi tersebut secara manual.

Contoh 3: Merekam Pembayaran atau Transaksi

Jika Anda melakukan pembayaran atau transaksi online, screenshot dapat digunakan untuk merekam bukti pembayaran atau transaksi yang telah Anda lakukan. Dengan memiliki bukti ini dalam bentuk tangkapan layar, Anda dapat dengan mudah mengaksesnya kapan saja jika diperlukan.

Contoh 4: Mengekspresikan Perasaan

Terkadang, Anda mungkin menemukan gambar, meme, atau kutipan yang sangat lucu atau menginspirasi di media sosial atau internet. Dengan menggunakan screenshot, Anda dapat dengan mudah menyimpan gambar atau kutipan tersebut dan membagikannya kepada teman-teman Anda atau menyimpannya untuk menghibur diri sendiri di kemudian hari.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah saya dapat mengambil screenshot dengan cara lain di Samsung M20?

Ya, selain menekan tombol power dan tombol penurunan volume secara bersamaan, Anda juga dapat menggunakan fitur gerakan tangan atau melalui menu yang tersedia pada ponsel M20.

2. Bagaimana cara menggunakan fitur gerakan tangan untuk mengambil screenshot di Samsung M20?

Untuk menggunakan fitur gerakan tangan, Anda perlu mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu di pengaturan ponsel Anda. Setelah diaktifkan, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot dengan menggesekkan tangan Anda di atas layar dari sisi kiri ke kanan atau sebaliknya.

3. Di mana saya dapat menemukan screenshot yang telah saya ambil?

Screenshot yang telah Anda ambil akan secara otomatis disimpan di galeri foto ponsel Anda. Anda dapat membuka galeri foto dan mencari folder bernama “Screenshots” untuk menemukan tangkapan layar yang diambil.

4. Bagaimana jika tombol power atau tombol penurunan volume pada Samsung M20 tidak berfungsi?

Jika tombol power atau tombol penurunan volume pada M20 tidak berfungsi, Anda dapat mencoba mengaktifkan fitur gerakan tangan untuk mengambil screenshot. Jika itu juga tidak berfungsi, Anda mungkin perlu membawa ponsel Anda ke pusat layanan untuk diperbaiki.

5. Bisakah saya mengambil screenshot saat sedang menonton video di Samsung M20?

Ya, Anda dapat mengambil screenshot saat sedang menonton video di M20. Namun, perlu diingat bahwa jika video sedang diputar dalam mode layar penuh, tombol power dan tombol penurunan volume tidak akan berfungsi. Anda perlu menggunakan fitur gerakan tangan atau menu yang tersedia pada ponsel Anda untuk mengambil screenshot saat menonton video.

6. Bisakah saya mengedit screenshot setelah saya mengambilnya?

Ya, setelah Anda mengambil screenshot, Anda dapat mengeditnya dengan menggunakan aplikasi pengeditan foto yang tersedia di ponsel M20. Dalam aplikasi pengeditan foto, Anda dapat memotong, menambahkan teks, atau menggambar pada screenshot yang telah diambil.

7. Apakah saya dapat mengambil screenshot dari halaman web yang panjang di Samsung M20?

Ya, Anda dapat mengambil screenshot dari halaman web yang panjang di M20. Ponsel ini dilengkapi dengan fitur tangkapan layar panjang yang memungkinkan Anda mengambil screenshot dari seluruh halaman web dengan satu kali panggilan.

8. Apakah pengambilan screenshot mempengaruhi kinerja ponsel Samsung M20?

Tidak, pengambilan screenshot tidak mempengaruhi kinerja ponsel M20. Proses pengambilan screenshot yang cepat dan efisien tidak menggunakan banyak sumber daya ponsel Anda, sehingga tidak mempengaruhi kinerja umum ponsel.

Kesimpulan

Mengambil screenshot di M20 adalah tugas yang mudah dan sederhana. Dengan menekan tombol power dan tombol penurunan volume secara bersamaan, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar dari tampilan layar ponsel Anda. Screenshot adalah fitur yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, seperti berbagi informasi, menyimpan informasi penting, merekam pembayaran, atau hanya untuk bersenang-senang. Jadi, sekarang Anda tahu cara mengambil screenshot di M20, Anda dapat dengan mudah menggunakan fitur ini untuk keperluan Anda sendiri. Selamat mencoba!

diskesklungkung
diskesklungkung

Saya adalah penulis lulusan Universitas terkenal di Indonesia, Sebagai Co-Founder sekaligus Content Specialist di Diskesklungkung yang memiliki passion menulis artikel seputar HP, Laptop, dan Game.

Articles: 789

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *